Kisah-kisah Qur-an

A. MUQQADIMAH

Segala puji bagi Allah yang menguasai segala ciptanNya, yang tunduk dan patuh kepadaNya dan yang menyeleweng dari ketundukan terpadapNya. Manusia hidup di dunia yang fana ini tidak lain hanya untuk menyembah Allah Semata, hal ini mewajibkan pula untuk taat terhadap apa yang diperintahkan Allah dan yang dilarangNya. Sedangkan aturan telah dijelaskan dalam Al Qur'an dan lewat utusan utusan Allah. Dan peran Al Qur'an terhadap pengutusan Rasul tidak lepas darinya, sungguh didalamnya terdapat beberapa keajaiban yang tiada tara, dengan adanya bahasa dan dialeg sastra yang begitu tinggi, hingga manusia kagum dan ingin menanduinginya karena kesombongan mereka. Didalamnya ada kisah kisah yang sangat bermanfaat bagi rasul dan umatnya.
Tentang cerita cerita Qur'any, peranannya, manfaatnya, kedudukannya dalam kehidupan ini sangatlah berarti bagi siapa saja yang hidup dengan penuh target. Disamping itu juga, sebaik baik cerita adalah cerita dalam Al Qur'an.

Shalawat dan salam kepada junjungan nabi dan uswah hasanah yang membawa wahyu dari Allah dengan begitu hebatnya. Sehingga wahyu tersebut sebagai aturan yang wajib bagi manusia dalam menegakkan din dan kehidupan mereka hingga bertemu kekasih yang tida tandingan baginya.


B. PENEGERTIAN KISAH QUR'AN

a. Definisi kisah

Secara bahasa :
Berasal dari kata Al Qassu yang berarti mencari atau mengikuti jejak. Dikatakan :
قصصت أ ثره " " berarti " Saya mengikuti atau mencari jejak . Kata ini, berasal dari kata kerja " " قص – يقص yang masdarnya adalah Al Qishash ( khabar atau atsar yang diceritakan ) .Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Kahfi: 64 . Maksudnya kedua orang itu kembali lagi untuk mengikuti jejak dari mana keduanya itu datang. Dan firman Allah melalui lisan ibu Musa kepada saudaranya yang perempuan .

Secara istilah :
Sesuatu yang tertulis, menerangkan kejadian, keadaan, hikayat, perkara yang membeberkan keadaan yang benar terjadi, ia dibangun diatas kaidah yang telah ditetapkan, dengan menjaga nilai seni dan keindahan kandungannya yang tertulis. Atau ringkasnya sesuatu perkara dan kejadian yang dikisahkan.



b. definisi Qashash Al Qur'an
Qasas Al Quran adalah pemberitaan dalam Al Quran tentang hal ikhwal umat yang telah lalu, nubuwat kenabian yang terdahulu dan peristiwa peristiwa yang telah lalu sejarah bangsa, keadaan negeri dan peninggalan atau jejak setiap umat yang menmceritakan semua keadaan mereka dengan cara yang menarik dan memepesona.

C. MACAM MACAM KISAH DALAM AL QUR'AN

Penggolongan ini berdasarkan pembagian menurut Manna' Qathan dalam kitabnya ( mabahist Ulumil Qur'an ) :
1. kisah para nabi didalamnya mengandung dakwah, sikap mad'u dan tahapan dakwah dan perkembangannya serta akibat yang diterima oleh orang yang ingkar dan orang yang taat dalam melaksanakan apa yang telah didakwahkannya.
2. kisah yang berhubungan dengan peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan orang orang yang tidak dipastikan akan kredibitas kenabiannya. misalnya orang orang yang keluar dari kampung halaman yang beribu ribu jumlahnya karena takut mati, kisah thalut dan jalut, dua orang putra adam, penghuni gua, zulqarnain, qarun, orang yang menangkap ikan hari sabtu, maryam, kisah ghulam ( Ahs habul Uhdud), Ahshabul Fiil.
3. kisah kisah yang berhubungan denga peristiwa yang terjadi pada masa Rasuluillah seperti perang badar dan uhud ( QS. Ali Imran ), perang hunain dan tabuk (QS. At-Taubah ), perang Ahzab, hi\rah rasulullah, dan isra' mi'raj beliau dan lainnya.

D. FAEDAH KISAH KISAH QURAN

Diantara manfaat kisah kisah dalam al qur'an sangatlah berati bagi ssetiap siapa saja yang inging tercermin kehidupannya bahagia yaitu dengan mencontohnya, diantara manfaat kisah kisah dalam Al Qur'an :
ada beberapa faedah yang terpenting diantaranya :

1. Menjelaskan asas da'wah menuju Allah dan menjelaskan syariat syariat Allah yang dibawa oleh para nabi . Sayyid Qutub Berkata," Dakwah setiap Zaman, tempat, waktu mengharuskan bagi seorang da'I mempelajari dan tau qisah kisah qur'an yang nantinya akan memberikan gambaran dalam manhaj da'wah, marhalahnya, jalannyahingga akhair tujuannya. "
2. Meneguhkan hati orang orang mukmin dan Rasululah atas agama Allah, serta memperkuat keyakinan mereka akan menangnya kebenaran dan para pendukungnya begiru juaga para pembelanya. .
3. Memebenarkan nabi terdahulu menghidupkan kenangan terhadap mereka serta mengabadikan jejak dan peninggalannya..
4. Menampakkan kebenaran Muhammad dalam da'wahnya dengan apa yang diberitakannya tentang hal ikhwal orang orang terdahulu disepanjang qurun dan generasi..
5. Menyibak kebohongan Ahli KItab dengan hujjah yang membeberkan keterangan dan petunjuk yang mereka sembunyikan dan menantang mereka dengan isi kitab mereka sendiri sebelum kitab itu diubah dan diganti.
6. Kisah merupakan salah satu bentuk sastra yang dapat menarik perhatian bagi para pendengar dan memantapkan pesan pesan yang terkandung dalamnya kedalam jiwa seseorang.
7. Memberikan ibrah dan permisalan serta menjelaskan eksistensi orang sesat dan kedudukan orang yang diberi hidayah, balasan bagi kedua golongan itu dan ini tidak hanya sebagai tasliyah atau kesenangan belaka
8. Menjelaskan hukum syar'I baik yang dibawa umat sebelum Muhammad hingga nabi Muhammad.
9. Dengan ini pula akan nampak mana yang bisa diambil dan tidaknya, mana yang manshuh dan mana yang tidak bisa dimanshuh.
10. Bahwa kizah kisah dalam Al qur'an memeberikan pengaruh atau mempunyai peran dalam mentarbiah ( Tarbiyah akal, ruh, badan ) dan sebagai taujuh sehingga akan menjadi sempurna, dari manhaj tarbiyah tadi.
11. Kisah Qur'an menggambarkan kepada kita, keadaan alam iman dan keadaan alam kekafiran pada diri manusia sehingga manusia tidak ragu dalam keimanannya.

E. PENGULANGAN KISAH DAN RAHASIANYA

1. menjelaskan keistimewaaan balaghah qur'an dalam tingkatan paling tinggi sebab keistimewaaan balaghah adalah mengungkapkan sebuah nama dalam bernbagai bentuk yang berbeda. Dan diulang dengan menggunakan uslub yang berbeda dengan tujuan agar seseorang dalam membacanya tidak mudak bosan, bahkan dengan uslub uslub baru itu akan menambah kedalam jiwanta makna baru yang tidak didapatkan ketika membacanya.ditempat yang lainnya.
2. menunjukkan kemukjiatan Al qur'an dimana salah satu bentuk manapun tidak bisa ditandingi oleh sastrawan arab merupakan tantang dasyat dan bukti bahwa Qur'an itu datangnya dari Rasulullah.
3. memberikan perhatian yang besar terhadap kisah tersaebut agar pesan pesan lebih mantap dan melekat dalam jiwa,
4. karena berbeda tujuan yang karenanyalah disebut qishash itu disuatu tempat diterangkan sebagiannya, karana itu saja yang diperlukan dan ditempatkan tempat yang lain disebut lebih sempurna karena demikianlah yang dikehendaki keberadaannya


F. KEABSAHAN BUKAN KHAYALAN

seorang muslim sejati:adalah orang yang beriman bahwa quran adalah kalamullah dan suci dari pemberian aristik yang tidak memperhatikan realita sejarah. kisah qurani adalah tidak lain dengan pengertian hakekat dan fakta sejarah yag dituangkan dalam untaian kata kata indah dan pilihan serta dalam uslub sempurna.
Quran diturunkan dari sisi yang maha pandai dan bijaksana. Dalam beritaNya tidak ada kecuali yang sesuai dengan kenyataan apabila orang orang terhormat dikalangan masyarakat enggan berkata dusta dan menganggapnya sebagai perbuatan hina paling buruk yang dapat merendahkan martabat kemanusiaan maka bagaiman seorang yang berakal dapat mnnghubungkan kedustaan terhadap kalam yang maka mulia dan agung ?

G.PERANAN KISAH QUR'AN

• Dalam dunia pendidikan dan pengajaran
tidak diragukan lagi bahwa kisah yang baik dan cermat akan digemari dan menembus relung jiwa manusia dengan mudah segenap perasaan menembus dan mengikuti alur kisah tersebut tanpa mereasa jemu atau keasl serta unsur unsur yang dapat dijelajahi akal sehingga ia dapat memetik dari keindahan tamannya aneka ragam bunga dan buah buahan. Pelajaran yang disampaikan dengan metode talqin dan ceramah akan menimbulkan kebiosanan bahkan tidka dapat diikuti sepenuhnya oleh generasi muda kecuali deng sulit serta berat yang memerlukan yang cukup lama pula. Oleh karena itu uslub qasasi sangat bermanfaat bagi umum anak anak suka mendengarkan cerita dan memeperhatikan riwayat kisah dan ingatannya segera menampung apa ynag diriwayatkan kepadanya dan kemudian dia ,memnirukannya bahkan sampai ia mengisahkannya.
fenomena fitrah ini seharusnya harus digunakan dan dimanfatkan oleh para pendidik dalam lapangan pendidikan khususnya dalam pendidikan agama yang merupakan inti dari pengajaran dan soko gurune pendidikan.diantara cara mengajarkan Al Qur'an dan As Sunnah kepada anak dimarhalah ibtidaiyyah yaitu :
1. Munaqasah dan percakapan
2. cerita( Qishah ).
3. dengan memberikan permisalan.
dalam kisah qur'an dapat membantu kesuksesan para pendidik dalam melaksanakan tugasnya dan mnembekali mereka dengan bekal pendidikan berupa peri kehidupan para nabi dan umat umat dahulu, sunnatullah dalam kehidupan masyarakat dan hal ikhwal suatu bangsa.

• Dalam dakwah
Dakwah persuasif adalah proses mempengaruhi seorang mas'u dengan pendekatan psikologis sehingga mad'u mengikuti ajakan da'I, adapun undur pembentuk persuasif diantaranya ; pesona da'I, materi dakwah, kondisi, pskikologis mad'u, dan perttemuan ketiga unsur diataas.
Pesona da'I dapat dipandang posotif apabila mempunyai kriteria diantaranya memiliki kualifikasi akademis tentang agama. Sekurang kurangnya memiliki penegetahuan Al Qur'an dan Al Hadist , bahwa Al Qur'an mempunyai fungsi sebagai petunjuk, nasehat bagi yang membutuhkan, pelajaran, yang oleh karenanya itu selalu menjadi rujukan dalam menghadapi segala macam persoalan.
Diantara faedah cerita qur'an adalah Menjelaskan asas da'wah menuju Allah dan menjelaskan syariat syariat Allah yang dibawa oleh para nabi. Denagn fungsi ini da'I tidak bersikap isti'jal dalam dakwahnya dan fungsi ini merupakan suasu solusi bagi mereka yang kurang wawasan dengan mempelajari kisah kisah dakwah rasul baik ( tahapan, thariqah, dan tujuan darinya ).





G. DERAJAT CERITA QUR'AN
Maksud kalimat diatas tidaklah ini menafikan cerita satu dengan cerita yang lainnya, akan tetapi disana ada hikmah tersendiri yang kadang hikmah dari cerita satu dengan cerita yang lainnya berbeda kedudukannya :
1. cerita cerita Al Qur'an lebih bagus dari cerita selain dalam alqur'an. Sehingga tidaklah alqur'an itu butuh cerita yang lainnya, ini terjadi ketika peristiwa fathul iskandariyah. Orang muslimin membakar semua kitab kitab ahlu ramawi tanpa tersisapun akan tetapi salah satu dari kaum muslimin menyimpan dan menyalinnya kedalam bahasa arab ( kitab berkenaaan dengan danial ). Lalu Umar memanggil orang tadi seraya memukulnya 3 kali dan menyuruhnya membakar dan menghanguskan nashnya tadi.
2. dalam menafsiri ayat ke 3 dari surat yusuf, disana ada perbedaaan pendapat dalam memaknai " أحسن " dan yang paling rajih bahwa semua kisah dalam alquran merupakan sebagus bagus cerita dari cerita selainnya ( dengan dibantah dengan aayat terakhir dari surat Yusuf ).
3. seagung agung kisah yang paling mulia dari kisah para nabi adalah kisah Musa dengan Fir'aun.
4. kisah ahlu kahfi lebih bagus dari kisah para wali Allah yang hidup ketika zaman mereka itu.
5. kisah Dzulqarnain lebib bagus dari kisah para raja raja yang hidup pada zamannya.
6. kisah nabi Isa, Nuh, Ibrahim, lebih Agung dari kisah yusuf karena mereka termasuk ulul Azmi yang penuh kesabaran dalam mengemban dakwah kepada peribadatan Allah.
7. Imam Ahmad berkata," Allah memuliakan kisah kisah dalam Al Quran, dan sebaik baik peristiwa para nabi adalah peristiwa berbicaranya Allah kepada Musa.

H. MANHAJ MANUSIA DALAM MEMAHAMI KISAH AL-QUR'AN

Syaikh Mahmud Saltut membagi keadaan manhaj manusia dalam memahami kisah kisah dalam Al Qur'an, dibagi menjadi 4 manhaj :
1. Manhaj para Ahli Takwil ( Muawwalin )
Yaitu suatu manhaj dengan merubah seuatu kalam dari suatu nash secara bahasa kedalam makna lain tanpa mengambil nash yang shahih . Manhaj ini berasaskan pada ketergantungan terhadap batin. Seperti takwil hidup orang mati dinisbahkan kepada isa yang ia menghidupkan ruh, dan semut yang sedang lewat ditakwilkan dengan kabilah yang lemah.
2. Manhaj dengan penghayalan
Sama seperti pertama akantetapi tidak bisa dikatakan benar atau salah, karena mereka mengambil dengan dasar dari dalail yang shahih dan kayalan.
3. Manhaj para mufassir dengan menerima jalur periwayatannya
Mereka mengambil sesuai dengan jalan periwayatan. Mereka menolak , bila tidak ada jalan periwayatannya. Dan ini terlalu ketat dalam menerima periwayatannya, sehingga dikatakan terlalu ekstrim.
4. Manhaj ikhtiyar
Yaitu tengah tengah diantara ketiga manhaj tadi. Dan seharusnya diterima sampai jelas tujuan dari kisah itu yaitu sebagai ibrah dan mauidhah dan kejadian yang memberiaka tasliyah bagi para da'I begitu juga harus sesuai dengan waqi' yang tidak ada penambahan dan pengurangan.menurut syaikh Muhammad Abduh :" Bashwa kisah kisah Al Qur'an itu tidaklah difungsikan sebagai mauidhah dan pelajaran "

I. TATA LETAK KISAH QUR'AN
1. Kisah awal terciptanya manusia: 3:59, 6:2, 7:12, (15:26, 28, 29, 133), 17:61, 18:37, 20:55, 22:5, 23:12, 25:54, 30:20, 32:7, 35:11, 37:11, 38:71, 76, 40:67, 55:14, 71:17
2. Kisah bangsa Yahudi dalam Al Quran . Agama bangsa Yahudi: (2:43, 83, 84, 91, 111, 113, 183); (3:20, 9:30, 31), 17:2, 98:5; Kelebihan yang diberikan Allah untuk bangsa Yahudi: (2:40, 47, 49, 50, 52, 53, 56, 57, 58, 60, 61, 64, 122); 4:54, 153,; (5:12, 15, 20, 71), (7:140, 141, 160, 161), 10:93, 14:6, (17:4, 20:80, 81, 26:59), 28:5, 6, 40:53, 44:25, 26, (44:27-32), (45:16-17); Nabi-nabi Bani Israel: 2:133, 3:49, 93, 4:153, 5:12, 20, 46, 70, 78, 110, 14:5, 6, 8, (20:24, 29, 30, 42, 43, 44, 47, 90),23:45, 28:34, 35, 40:23, 34, 43:46, 59; Bangsa Yahudi menyembunyikan kebenaran: (2:42, 89, 101, 109, 140, 144, 146, 159, 174, 175, 3:19, 70, 71, 72, 75, 78, 99, 187), 4:46, 51, 5:13, 15, 41, 43, 6:20, 91, 6:114, 7:162, 169 ; Mengajak bangsa Yahudi untuk jihad: 2:58, 246, 5:21, 23, 24, 7:161 Penyiksaan dan pengusiran bangsa Yahudi ; Penghinaan dan pengusiran bangsa Yahudi: 2:61, 3:112, 7:152, 165, 166, 167, 168, 14:6, 17:5, 7, 26:57, 58; Kemurkaan Allah terhadap bangsa Yahudi: 1:7, 2:61, 90, 3:112, 5:60, 7:152, 20:86, 58:14, 60:13 ; Kesesatan bangsa Yahudi di gurun Sinai: 5:26 ; Penyebutan Thuur Sinaa' (bukit Thur Sina'): 2:63, 93, 154, 19:52, 20:80, 23:20, 28:29, 46, 52:1, 95:2 ; Bukit thuur diangkat ke atas bangsa Yahudi: 2:63, 93, 4:154, 7:171 ; Menghancurkan Bani Israel dengan petir: 2:55, 4:153, 7:155 Orang-orang beriman di kalangan bangsa Yahudi: 2:62, 3:113, 114, 199, 4:162, 5:44, 66, 69, 7:120, 121, 123, 124, 125, 126, 157, 159, 168, 170, 10:83, 85, :86, 87, 13:36, 13:43, 17:107, 20:70, 72, 73, 26:46, 47, 48, 50, 51, 28:52, 53, 54, 55, 29:47, 32:24 Kampung tempat bangsa Yahudi melanggar janji di hari Sabtu: 2:62, 3:113, 114, 199, 4:162, 44, 5:66, 69, 7:120, 121, 123, :124, 125, 126, :157, 159, 7:168, 170, 10:83, 10:85, 10:86, 10:87, 13:36, 43, 17:107, 20:70, 72, 73, 26:46, 47, 48, 50, , 28:52, 53, 28:54, 55, 29:47, 32:24 Kisah sapi (lembu): 2:65, 4:154, 7:163, 166 Sikap bangsa Yahudi terhadap kitab-kitab samawi: 2:67, 68, 69, 70, 71 ; Sikap Yahudi terhadap agama-agama samawi: 2:75, 78, 79, 85, 87, 89, 91, 101, 174, 176, 211, 3:23, 78, 98, 4:46, 5:15, 64, 68, 6:20, 91, 7:169, 170, 171, 11:110, 15:90, 41:45, 62:5 Kelemahan iman bangsa Yahudi: 2:44, 55, 68, 69, 70, 71, 74, 75, 76, 100, 247, 249, 3:75, 4:153, 161, 5:71, 7:129, 134, 138, 148, 150, 160, 163, 169, 16:118, 17:101, 20:85, 86, 87, 88, 92, 96, 26:61, 43:49, 50, 54, 45:17, 62:6, 7 ; Keingkaran dan sifat keras kepala bangsa Yahudi: 2:41, 42, 51, 54, 55, 59, 61, 65, 68, 69, 70, 71, 74, 75, 76, 80, 83, 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93, 101, 102, 103, 108, 111,137, 140, 145, 146, 174, 211, 246, 247, 3:19, 21, 23, 24, 52, 55, 65, 70, 93, :98, 99, 112, 181, 183, 387, 4:44, 46, 51, 153, 155, 156, 160, 5:13, 22, 24, 25, 32, 43, 59, 60, 64, 65, 66, 70, 71, 79, 80, 81, 110, 6:20, 91, 114, 146, 7:133, 135, 136, 138, 148, 150, 160, 162, 166, 169, 9:34, 10:93, 14:8, 16:118, 17:101, 20:91, 26:67, 197, 27:76, 44:21, 45:17, 58:8, 61:6, 98:4 ; Ingkar janji dan kekerasan hati bangsa Yahudi: 2:68, 69, 70, 71, 108, 4:160, 6:91, 146, 7:132, 133, 43:49, 50 ; Sikap bangsa Yahudi terhadap Nabi - nabi: 2:61, 87, 91, 104, 0, 247, 3:21, 55, 66, 112, 181, 183, 4:46, 153, 155, 157, 5:70, 43:49, 52, 53, 58:8, 59:4, 61:5 ; Sikap bangsa Yahudi terhadap Islam: 2:76, 2:89, 2:90, 2:101, 2:105, 2:109, 2:111, 2:120, 2:135, 2:137, 2:139, 2:142, 2:144, 2:145, 2:146, 3:19, 3:20, 3:23, 3:69, 3:70, 3:72, 3:73, 3:75, 3:98, 3:99, 3:100, 3:110, 3:118, 3:186, 3:187, 4:44, 4:46, 4:47, 4:51, 4:54, 4:150, 4:153, 5:13, 5:41, 5:57, 5:58, 5:59, 5:61, 5:82, 6:20, 6:91, 6:114, 9:32, 58:8, 61:6 ; Kebakhilan dan ketamakan bangsa Yahudi: 4:53, 5:62, 5:63, 9:34 ; Kebencian bangsa Yahudi terhadap orang Nasrani: 2:113, 2:145 Hubungan antara bangsa Yahudi dan orang mukmin: 2:76, 2:136, 3:28, 3:64, 5:5, 5:51, 5:57, 5:82, 9:29, 33:26, 58:14, 58:22, 59:2, 60:1, 60:13
3. Kisah orang-orang Nasrani dalam Al Quran . Akidah orang-orang Nasrani: 2:111, 2:113, 183, 3:20, 4:47, 171, 5:17, :72, 73, 9:30, 31, 19:35, 36, 98:5 Hubungan antara orang Islam dan Nasrani: 2:136, 3:28, 64, 118, 5:5, 51, 57, 82, 9:29, 58:22, 60:1 ; Orang-orang beriman di kalangan Nasrani: 2:62, 52, 53, 3:110, 113, 114, 199, 5:66, 69, 82, 83, :84, 85, 111, 112, 113, 7:157, 13:36, 43, 17:107, 28:52, 53, 54, 55, 29:47, 57:27 ; Sikap orang Nasrani terhadap nabi Isa as.: 3:52, 53, 4:171, 5:17, 19:37 ; Sifat-sifat orang Nasrani: 3:65, 66, 5:14, 57, 58, 68, 6:114, 9:34, 57:27, 98:4 ; Sikap orang Nasrani terhadap Islam: 2:105, 109, 120, 135, 137, 139, 145, 146, 3:19, 20, 23, 70, 71, 98, 99, 100, 118, 186, 187, 4:47, 150, 5:57, 58, 59, 82, 83, 6:20, 114, 9:32 ; Kemurkaan Allah terhadap orang Nasrani: 1:7, 9:30 ; Nabi dan orang-orang Nasrai saling membutuhkan: 3:61
4. Kisah Maryam dalam Al Quran ( Kelahiran Maryam: 3:36 ; Keutamaan Maryam dari wanita-wanita lain: 3:42, 66:12 ; Pendidikan dan kehidupan Maryam: 3:37, 44, 19:16, 17, 20, 28, 91 ; Maryam mengandung dan melahirkan Isa as.: 19:16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 4, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 66:12 ;
5. kisah-kisah para rasul
1. Ulul-'azmi: 33:7, 46:35
2. Nabi Adam as adalah Bapak umat manusia: 2:30, 4:1, 6:98, 7:189, 15:29; Penciptaan Adam as. dan keturunannya: 2:28, 30, 4:1, 6:2, 98, 7:11, 12, 189, 15:26, 28, 29, 33, 19:67, 32:7, 39:6, 49:13, 55:3, 14, 67:23, 76:1, 80:18, 19, 20, 91:8, 92:3, 96:2 ; Adam as. berasal dari tanah: 3:59, 6:2, 11:61, 15:26, 28, 29, 33, 71:17 Mengajarkan Adam as. semua nama: 2:31, 33 Malaikat sujud kepada Adam as.: 2:34, 7:11, 15:30, 18:50, 20:116, 38:72, 73 Pohon yang buahnya dimakan oleh Adam as.: 2:35, 2:36, 7:19, 7:20, 7:22, 20:120, 20:121Turunnya Adam as. ke bumi: 2:36, 2:38, 7:24, 7:25, 7:27, 20:123 Adam as. nabi pertama: 3:33, 20:122 Perjanjian antara Adam as. dan anak-anaknya: 2:27, 2:84, 7:172, 20:115, 33:72, 36:60 Tabiat-tabiat manusia: 2:30, 2:36, 4:28, 4:32, 4:128, 17:11, 20:115, 89:15, 89:16
3. Nabi Idris as. Kisah Nabi Idris as. dalam Al Quran: 19:56, 19:57 Keutamaan nabi Idris as. dan sifatnya: 19:56, 19:57
4. Nabi Nuh as. Dia adalah Rasul pertama yang diutus ke bumi: 4:163, 6:84, 11:25, 26:107, 29:14, 37:75, 57:26, 71:1, 71:2, 71:5 Dakwah nabi Nuh as.: 4:163, 7:59, 7:61, 7:62, 7:63, 7:64, 10:71, 10:72, 11:25, 11:26, 11:28, 11:29, 11:30, 11:31, 11:42, 23:23, 26:105, 26:106, 26:108, 26:110, 71:1, 71:2, 71:3, 71:8, 71:9, 71:10, 71:11, 71:12, 71:13, 71:14, 71:15, 71:16, 71:17, 71:18, 71:19, 71:20 Nabi Nuh menghadapi cobaan: 7:60, 7:61, 10:71, 11:27, 11:32, 14:9, 23:24, 23:25, 23:26, 25:37, 26:105, 26:111, 26:112, 26:113, 26:116, 26:117, 26:118, 38:12, 40:5, 50:12, 53:52, 54:9, 54:10, 66:10, 71:6, 71:7, 71:21, 71:22, 71:23, 71:24, 71:26, 71:27 Gelar Abdussyakur (hamba yang bersyukur): 17:3 Terkabulnya doa nabi Nuh as.: 21:76, 21:77, 26:119, 37:75, 54:11, 54:12 Allah menghancurkan kaum Nuh as.: 7:64, 9:70, 10:73, 11:37, 11:43, 11:44, 11:89, 23:27, 25:37, 26:120, 29:14, 37:82, 40:31, 51:46, 53:52, 54:11, 54:12, 71:25 Keselamatan Nuh as. di atas kapal: 7:64, 10:73, 11:37, 11:38, 11:40, 11:41, 11:42, 11:43, 11:44, 11:48, 23:27, 23:28, 23:29, 26:119, 29:15, 37:76, 54:13, 54:14, 54:15, 69:11 Pujian atas nabi Nuh as.: 17:3, 37:78, 37:79, 37:80, 37:81, 66:10
5. Nabi Hud as. Beliau diutus kepada Bangsa 'Aad membangun negeri mereka: 7:69, 26:128, 26:129, 26:133, 26:134, 41:15, 89:7, 89:8 Dakwah nabi Hud as.: 7:65, 7:66, 7:67, 7:68, 7:69, 7:70, 7:71, 7:72, 11:50, 11:51, 11:52, 11:53, 11:54, 11:55, 11:56, 11:57, 23:32, 26:124, 26:125, 26:126, 26:127, 26:131, 26:132, 26:135, 46:21, 46:23 Nabi Hud as. menghadapi cobaan: 7:66, 7:67, 11:53, 11:54, 11:55, 14:9, 26:123, 26:136, 26:137, 38:12, 46:22, 50:13, 54:18 Kehancuran bangsa 'Aad: 7:72, 9:70, 11:58, 11:89, 23:41, 25:38, 26:139, 29:38, 29:40, 40:31, 41:13, 41:16, 46:24, 46:25, 51:41, 51:42, 53:50, 54:19, 54:20, 69:6, 69:7, 69:8, 89:6
6. Nabi Soleh as. Pemberian nikmat kepada kaum Tsamud: 7:74, 15:82, 26:146, 26:147, 26:148, 26:149, 51:43, 89:9 Dakwah nabi Shaleh as.: 7:73, 7:74, 7:75, 7:76, 7:77, 7:78, 7:79, 11:61, 11:62, 11:63, 26:141, 26:142, 26:143, 26:144, 26:145, 26:146, 26:147, 26:148, 26:149, 26:150, 26:151, 26:152, 27:45, 27:46, 27:47 Unta nabi Shaleh as.: 7:73, 11:64, 11:65, 26:155, 26:156, 54:27, 54:28, 91:13 Penyembelihan unta nabi Shaleh as.: 7:77, 11:65, 17:59, 26:157, 54:29, 91:12, 91:14 Nabi Shaleh as. menghadapi cobaan: 7:75, 7:76, 7:77, 11:62, 14:9, 15:80, 15:81, 15:90, 26:141, 26:153, 27:45, 27:47, 27:48, 27:49, 38:13, 50:12, 54:23, 54:24, 54:25, 91:11, 91:14 Turunnya azab atas kaum Tsamud: 7:78, 9:70, 11:66, 11:67, 11:68, 11:89, 15:83, 15:84, 25:38, 26:158, 27:51, 27:52, 29:38, 40:31, 41:13, 41:17, 51:44, 51:45, 53:51, 54:31, 69:5, 85:17, 85:18, 91:14
7. Nabi Ibrahim as. Dari Sifat nabi Ibrahim as.: 2:124, 11:75, 16:120, 16:121, 16:123 Keutamaan nabi Ibrahim as.: 2:130, 2:131, 4:125, 6:83, 6:84, 6:161, 9:114, 11:73, 12:6, 16:120, 16:121, 16:122, 16:123, 19:41, 19:47, 21:51, 26:83, 26:84, 26:85, 29:27, 37:84, 37:88, 37:104, 37:105, 37:108, 37:109, 37:110, 37:111, 37:113, 38:45, 38:46, 38:47, 43:28, 53:37, 57:26, 60:4 Allah menguji nabi Ibrahim as.: 2:124, 37:102 Dakwah nabi Ibrahim as.: 2:130, 2:131, 2:135, 2:136, 2:140, 3:67, 3:68, 3:84, 3:95, 4:125, 4:163, 6:74, 6:76, 6:77, 6:78, 6:79, 6:80, 6:81, 6:83, 6:161, 14:35, 14:36, 14:37, 14:40, 21:52, 21:54, 21:56, 21:57, 21:67, 22:26, 22:78, 26:69, 26:70, 26:71, 26:72, 26:73, 26:75, 26:78, 26:79, 26:80, 26:87, 29:16, 29:17, 29:25, 37:83, 37:85, 37:86, 37:87, 37:89, 37:91, 37:92, 37:93, 37:94, 37:95, 37:96, 43:26, 43:27, 43:28, 60:4 Pembangunan Ka'bah: 2:127 Nabi Ibrahim as. menunaikan ibadah haji: 2:128, 22:27 Nabi Ibrahim as. kekasih Allah: 4:125 Turunnya azab kepada kaum nabi Ibrahim as.: 9:70 Hijrah ke Syam: 21:71, 29:26 Nabi Ibrahim-Siti Hajar-Ismail as.: 14:37, 37:101 Mimpi menghidupkan orang mati: 2:260 Berdebat dengan raja Namrud: 2:258 Nabi Ibrahim as.
Dengan anak, ayah, beserta kaumnya. Dakwah nabi Ibrahim as. kepada ayahnya: 6:74, 19:42, 19:43, 19:44, 19:45, 21:52, 26:70, 37:85, 43:26 Kekufuran ayah nabi Ibrahim as.: 6:74, 19:46, 26:71 Permohonan ampun Ibrahim as. untuk ayahnya: 9:114, 19:47, 60:4 Berdebat dengan kaumnya: 21:62, 21:63, 21:65, 21:66 Nabi Ibrahim as. memisahkan diri dari kaumnya: 19:48, 19:49, 29:26, 37:99, 43:26, 60:4 Ancaman nabi Ibrahim as. kepada berhala-berhala kaumnya: 21:57, 21:58, 21:60, 37:93 Dilempar ke dalam api: 21:68, 29:24, 37:97 Selamat dari Api: 21:69, 21:70, 29:24, 37:98 Nabi Ibrahim as. meminta syafaat untuk ayahnya: 14:41 Berita gembira tentang Ishak dan Ya'kub as.: 6:84, 11:69, 11:71, 11:72, 11:74, 14:39, 15:53, 15:54, 15:55, 21:72, 29:27, 37:112, 51:28, 51:29, 51:30 Mimpi menyembelih anaknya (Ismail): 37:102, 37:103
8. Nabi Luth as. Keburukan kaum Luth: 7:80, 7:81, 11:78, 11:79, 15:67, 15:68, 15:69, 15:70, 15:72, 21:74, 26:165, 26:166, 26:168, 27:54, 27:55, 29:28, 29:29, 54:37, 69:9 Keutamaan dan kemuliaan nabi Luth as.: 6:86, 21:74, 21:75, 26:162, 29:26, 37:133Dakwah nabi Luth as. kepada kaumnya: 7:80, 7:81, 7:82, 26:160, 26:161, 26:162, 26:163, 26:164, 26:168, 27:54, 27:55, 29:28, 29:29, 54:36 Menghadapi cobaan: 7:82, 11:78, 26:160, 26:167, 26:169, 27:56, 29:30, 38:13, 50:13, 54:33, 54:37, 66:10 Mengungsi ke tempat terpencil: 11:80 Keselamatan nabi Luth as. dan keluarganya: 7:83, 11:81, 15:59, 15:65, 26:170, 27:57, 29:32, 29:33, 37:134, 51:35, 51:36, 54:34 Turunnya azab atas kaum Luth: 7:84, 9:70, 11:70, 11:74, 11:76, 11:77, 11:81, 11:82, 11:83, 11:89, 15:63, 15:64, 15:66, 15:73, 15:74, 25:40, 26:171, 26:172, 26:173, 27:58, 29:31, 29:34, 37:135, 37:136, 51:32, 51:33, 51:34, 51:36, 51:37, 53:53, 53:54, 54:34, 54:38, 69:10
9. Nabi Ismail as. Sifat nabi Ismail as. dalam Al Quran: 19:54, 37:101, 37:102 Nabi Ismail as. yang disembelih: 37:102, 37:103, 37:107 Pengorbanan nabi Ismail as.: 37:107 Membangun Ka'bah bersama Ibrahim as.: 2:127 Dakwah nabi Ismail as. dan keutamaannya: 2:136, 2:140, 3:84, 4:163, 6:86, 19:55, 38:48
10. Nabi Ishak as. Keutamaan nabi Ishak as.: 6:84, 12:6, 19:50, 21:72, 21:73, 37:113, 38:45, 38:46, 38:47 Kenabian Ishak as.: 2:133, 2:136, 2:140, 3:84, 4:163, 6:84, 12:6, 19:49, 21:73, 37:112
11. Nabi Ya'kub as. Keutamaan nabi Ya'kub as.: 6:84, 19:50, 21:72, 21:73, 38:45, 38:46, 38:47 Kenabian Ya'kub as.: 4:163, 6:84, 12:6, 19:49, 21:73 Dakwah nabi Ya'kub as.: 2:132, 2:133, 2:136, 2:140, 3:84, 21:73 Gelar Israel untuk Ya'kub as.: 3:93 Menolak sebagian jenis makanan: 3:93 Cintanya pada nabi Yusuf as.: 12:8, 12:13, 12:84, 12:85, 12:87, 12:94, 12:95 Sifat-sifat nabi Ya'kub as.: 12:86, 12:96, 38:45 Keturunan nabi Ya'kub as.: 2:136, 2:140, 3:84, 4:163, 7:160
12. Nabi Yusuf as. Mimpi nabi Yusuf as.: 12:4, 12:5, 12:100 Nabi Yusuf as. dan saudara-saudaranya: 12:7, 12:8, 12:9, 12:10, 12:11, 12:12, 12:13, 12:14, 12:15, 12:16, 12:17, 12:18, 12:58, 12:59, 12:60, 12:61, 12:65, 12:69, 12:70, 12:71, 12:77, 12:80, 12:89, 12:90, 12:91, 12:92, 12:93, 12:97 Dibuang ke dalam sumur: 12:15 Allah menyelamatkan Yusuf: 12:19 Yusuf dijual dengan harga murah: 12:20 Perjalanannya ke Mesir: 12:21 Fitnah isteri pembesar Mesir (Zulaikha): 12:23, 12:24, 12:25, 12:26, 12:27, 12:28, 12:29, 12:30, 12:32 Masuk penjara: 12:32, 12:33, 12:35, 12:36 Kenabian Yusuf as.: 6:84, 12:6, 12:22, 40:34 Menafsirkan mimpi: 12:6, 12:21, 12:36, 12:37, 12:41, 12:46, 12:47, 12:48, 12:49, 12:101 Dakwah nabi Yusuf as.: 12:37, 12:38, 12:39, 12:40 Raja Mesir dan nabi Yusuf as. Mimpi raja Mesir: 12:43, 12:44, 12:45, 12:46 Posisi nabi Yusuf as. di sisi raja Mesir: 12:50, 12:54 Yusuf as. terbukti tidak bersalah: 12:28, 12:51, 12:52, 12:100 Mengurus baitul mal: 12:55, 12:56, 12:59, 12:60, 12:62, 12:88, 12:90, 12:101 Nabi Yusuf as. dan adiknya (Bunyamin) Tuntutan menghadirkan adiknya: 12:59, 12:60, 12:61 Membujuk nabi Ya'kub as. agar rela mengutus Bunyamin: 12:63, 12:64, 12:65, 12:66 Siasat nabi Yusuf as.: 12:62, 12:63, 12:65, 12:69, 12:70, 12:72, 12:74, 12:75, 12:76, 12:77, 12:79, 12:80, 12:81, 12:82 Pertemuan anak-anak Israel (Ya'kub): 12:93, 12:99, 12:100 Yusuf as. manusia termulia: 12:59, 12:62, 12:65 Sifat nabi Yusuf as.: 12:22, 12:24, 12:27, 12:31, 12:36, 12:51, 12:54, 12:55, 12:59, 12:78
13. Nabi Syu'aib as. Keburukan kaum Syu'aib as.: 7:85, 7:86, 11:84, 11:85, 11:87, 11:91, 11:92, 26:181, 26:182, 26:183 Diutus ke Ashabul-Aikah: 15:78, 26:178 Dakwah nabi Syu'aib as. kepada kaumnya: 7:85, 7:86, 7:87, 7:88, 7:89, 7:90, 7:93, 11:84, 11:86, 11:87, 11:89, 11:90, 11:92, 11:93, 26:176, 26:177, 26:178, 26:179, 26:180, 26:181, 26:182, 26:183, 26:184, 29:36 Cobaan nabi Syu'aib as.: 7:87, 7:88, 7:89, 7:90, 11:87, 11:88, 11:91, 26:176, 26:185, 26:186, 26:187, 26:188, 38:13, 50:14 Azab atas kaum Syu'aib as.: 7:91, 7:92, 9:70, 11:94, 11:95, 15:79, 26:189, 29:37
14. Nabi Ayub as. Kenabian Ayub as.: 4:163, 6:84 Mandi nabi Ayub as.: 38:42 Cobaan dan kesabarannya: 21:83, 21:84, 38:41, 38:42, 38:44
15. Nabi Zulkifli as.: 38:48
16. Nabi Musa as. Keutamaan nabi Musa as.: 2:136, 4:164, 6:84, 6:154, 7:134, 7:142, 19:51, 19:52, 20:9, 20:13, 20:36, 20:37, 20:41, 25:35, 26:10, 26:21, 27:8, 27:9, 28:7, 28:14, 33:69, 37:114, 37:118, 37:119, 37:120, 37:122, 44:17 Sifat nabi Musa as.: 7:150, 20:94, 28:15, 28:19, 28:26 Awal kenabian Musa as.: 7:144, 20:10, 20:11, 20:12, 20:13, 20:14, 20:15, 20:16, 20:17, 20:18, 20:19, 20:20, 20:21, 20:22, 20:23, 20:24, 26:10, 26:21, 27:7, 27:8, 27:9, 27:10, 27:12, 28:29, 28:30, 28:31, 28:32, 28:34, 28:35, 28:46, 79:15, 79:16, 79:17, 79:18, 79:19 Nabi yang diajak berbicara oleh Allah: 2:253, 4:164, 7:143, 7:144, 19:52, 20:11, 20:12, 20:13, 20:14, 20:15, 20:16, 20:17, 20:18, 20:19, 20:21, 20:22, 20:23, 20:24, 20:83, 20:84, 26:10, 26:11, 26:12, 26:13, 26:14, 26:16, 27:8, 27:9, 27:11, 28:30, 28:31, 28:32, 28:34, 28:35, 28:46, 79:16, 79:17, 79:18, 79:19 Penyebutan Taurat: 3:3, 3:48, 3:50, 3:65, 3:93, 5:43, 5:44, 5:46, 5:66, 5:68, 5:110, 7:157, 9:111, 48:29, 61:6, 62:5 Lembah tempat Musa dipanggil: 20:12, 20:20, 28:30, 79:16 Turunnya Taurat untuk nabi Musa as.: 2:41, 2:44, 2:53, 2:87, 3:3, 6:91, 6:154, 6:157, 7:145, 7:154, 11:110, 17:2, 21:48, 23:49, 25:35, 28:43, 32:23, 37:117, 40:53, 41:45, 46:12, 53:36, 87:19 Mukjizat nabi Musa as.: 2:56, 2:60, 2:92, 2:211, 7:107, 7:108, 7:117, 7:120, 7:160, 11:96, 17:101, 20:17, 20:18, 20:19, 20:20, 20:21, 20:22, 20:69, 20:77, 26:30, 26:32, 26:33, 26:45, 26:63, 27:10, 27:12, 28:31, 28:32, 40:23, 40:28, 43:46, 44:19, 44:33, 51:38, 79:20
Nabi Musa as. dan Fir'aun Pertumbuhan Musa as. dalam lingkungan Fir'aun: 20:38, 20:39, 26:18, 28:8, 28:9, 28:10, 28:11, 28:12 Kembali kepada ibunya: 20:40, 28:12, 28:13 Ilham Allah kepada Ibunya: 20:38, 20:39, 28:7, 28:10 Dakwah nabi Musa as.: 7:103, 7:104, 7:105, 7:106, 7:107, 7:108, 7:109, 7:110, 7:111, 7:112, 7:113, 7:117, 7:123, 7:128, 7:129, 10:84, 20:24, 20:42, 20:43, 20:44, 20:45, 20:46, 20:47, 20:49, 20:50, 20:51, 23:45, 26:10, 26:12, 26:16, 26:17, 26:22, 28:3, 43:46, 44:18, 51:38, 73:15, 79:17 Pertemuan Musa as. dan Fir'aun Saat perjumpaan nabi Musa as. dengan Fir'aun: 20:58, 20:59, 20:64, 20:65, 20:66, 26:38, 26:39, 26:40, 26:43, 26:44 Fir'aun mendatangkan para ahli sihir: 7:111, 7:112, 7:113, 7:115, 7:116, 10:79, 10:80, 20:60, 20:63, 20:64, 26:37, 26:38, 26:40, 26:41, 26:42, 26:43, 26:44 Musa as. dan tukang sihir: 7:115, 7:116, 7:117, 7:118, 7:119, 7:120, 7:121, 7:122, 10:80, 10:81, 20:61, 20:62, 20:63, 20:64, 20:65, 20:66, 20:67, 20:68, 20:69, 20:70, 26:43, 26:44, 26:45, 26:46, 26:47, 26:48 Perselisihan di antara tukang-tukang sihir: 20:62 Peringatan Musa as. kepada para tukang sihir: 10:81, 20:61 Nabi Musa dan nabi Harun as. dituduh tukang sihir: 7:109, 7:132, 10:76, 10:77, 17:101, 20:63, 40:24, 43:49 Kebingungan dan keimanan para tukang sihir: 7:119, 7:120, 7:121, 7:123, 7:125, 7:126, 20:70, 20:72, 20:73, 26:46, 26:47, 26:50 Keutamaan dan keimanan Asiah: 66:11 Cobaan untuk keluarga Fir'aun: 7:130, 7:131, 7:133, 7:134, 7:135 Ketidak-berdayaan dan keingkaran Fir'aun: 7:103, 7:106, 7:110, 7:113, 7:114, 7:123, 7:126, 10:75, 11:97, 11:98, 17:102, 20:51, 20:56, 20:57, 20:58, 20:71, 23:46, 23:47, 25:36, 26:11, 26:23, 26:25, 26:27, 26:29, 26:31, 26:34, 26:35, 26:36, 26:49, 28:36, 28:38, 28:39, 29:39, 38:12, 40:24, 40:26, 40:29, 40:36, 40:37, 43:51, 43:52, 43:53, 43:54, 44:17, 44:20, 44:22, 50:13, 51:39, 54:41, 54:42, 69:9, 73:16, 79:21, 79:22, 79:23, 79:24 Pelarian Musa as. dan para pengikutnya: 20:77, 26:52, 26:53, 26:54, 26:55, 26:56, 26:60, 26:61, 26:62, 26:63, 44:23, 44:24 Nabi Musa as. dan para pengikutnya selamat: 2:50, 7:138, 10:90, 17:103, 20:78, 20:80, 26:65, 37:115, 37:116, 44:30, 44:31 Keimanan Fir'aun: 10:90, 10:91 Kehancuran Fir'aun dan pasukannya: 2:50, 3:11, 7:136, 7:137, 8:52, 8:54, 10:88, 10:90, 10:92, 17:103, 20:78, 20:79, 23:48, 25:36, 26:64, 26:66, 28:40, 29:40, 40:45, 43:55, 43:56, 44:24, 44:25, 44:26, 44:27, 44:28, 44:29, 51:40, 54:42, 69:10, 73:16, 79:25, 85:17, 85:18, 89:13 Orang beriman dari keluarga Fir'aun: 40:28, 40:29, 40:30, 40:31, 40:32, 40:38, 40:39, 40:41, 40:42, 40:43, 40:44, 40:45 Fir'aun menyiksa Bani Israel: 2:49, 7:124, 7:127, 7:129, 7:137, 7:141, 10:83, 14:6, 20:71, 26:22, 26:49, 28:4, 40:25 Kehinaan Fir'aun dan Haman: 10:83, 11:97, 28:4, 28:6, 28:8, 28:32, 28:42, 29:39, 40:36, 44:31 Musa membunuh seorang Mesir: 20:40, 26:19, 26:20, 26:21, 28:15, 28:16, 28:18, 28:19, 28:33 Perjalanann Musa as. ke Madyan Nabi Musa dan nabi Syu'aib as. (sahib al madyan): 28:25, 28:26, 28:27, 28:28 Kisah nabi Musa as. dengan dua anak perempuan nabi Syu'aib as.: 28:23, 28:24, 28:25, 28:26, 28:27 Yahudi menuduh nabi Musa as. sebagai orang gila: 33:69
Nabi Musa as. keluar menuju Baitul Maqdis dan Bani Israel memasuki Baitul Maqdis: 2:58, 5:21, 5:22, 5:23 Nabi Musa as. berdialog dengan Allah: 2:51, 7:142, 7:143, 7:155, 20:83, 20:84 Bani Israel menyembah anak sapi: 2:51, 2:54, 2:92, 2:93, 4:153, 7:148, 7:150, 7:152, 20:85, 20:87, 20:88, 20:89, 20:91, 20:92 Pertemuan segolongan Bani Israel dengan Allah: 7:155 Nabi Musa as. dan Samiri: 20:95, 20:96, 20:97 Musa as. melihat Allah: 7:143 Ketakutan Bani Israel: 2:246, 2:249, 3:111, 5:22, 5:24, 59:14 Perayaan Yahudi: 2:65, 7:163, 16:124 Watak-watak Yahudi: 2:41, 2:42, 2:44, 2:55, 2:59, 2:61, 2:65, 2:67, 2:68, 2:69, 2:70, 2:71, 2:74, 2:76, 2:83, 2:85, 2:86, 2:87, 2:89, 2:90, 2:93, 2:94, 2:95, 2:96, 2:100, 2:101, 2:104, 2:108, 2:140, 2:142, 2:246, 2:247, 2:248, 2:249, 3:24, 3:71, 3:75, 3:112, 3:181, 3:183, 4:44, 4:46, 4:47, 4:49, 4:51, 4:53, 4:54, 4:153, 4:155, 4:156, 4:161, 5:13, 5:20, 5:24, 5:42, 5:43, 5:57, 5:58, 5:62, 5:63, 5:64, 5:70, 5:79, 5:80, 5:81, 5:82, 7:134, 7:138, 7:139, 7:149, 7:160, 7:162, 7:163, 7:169, 9:30, 9:31, 9:34, 16:118, 17:4, 17:101, 20:85, 20:86, 20:87, 20:92, 58:8, 59:14 Anjuran untuk tidak mengikuti Yahudi: 1:7, 2:104, 2:108, 2:120, 2:145, 3:105, 5:51, 57:16, 58:9 Memerangi Yahudi hingga hari Kiamat: 17:5 Orang-orang kafir melaknat Bani Israel: 2:88, 4:46, 4:47, 4:52, 5:13, 5:60, 5:64, 5:78, 9:30 Bani Israel beubah bentuk: 2:65, 5:60, 7:166 Permusuhan antara Yahudi dan Kristen: 2:113, 2:145, 5:14
Nabi Musa as. dan nabi Khidir as. Ikan sebagai tanda (tempat pertemuan) Musa as.: 18:61, 18:63 Kisah nabi Musa as. dan nabi Khidir as. dalam Al Quran: 18:60, 18:61, 18:62, 18:63, 18:64, 18:65, 18:66, 18:67, 18:68, 18:69, 18:70, 18:71, 18:72, 18:73, 18:74, 18:75, 18:76, 18:77, 18:78, 18:79, 18:80, 18:81, 18:82 Nabi Khidir as. merusak perahu: 18:71, 18:79 Nabi Khidir as. membunuh anak kecil: 18:74, 18:80 Nabi Khidir as. memperbaiki dinding rumah: 18:77, 18:82 Sebab kepergian Musa as. menemui nabi Khidir as.: 18:66 Ketinggian ilmu nabi Khidir as.: 18:66
17. Nabi Harun as. Kenabian nabi Harun as. dalam Al Quran: 4:163, 6:84, 10:75, 10:87, 19:53, 21:48, 23:45, 25:35, 26:13, 28:34, 28:35, 37:114, 37:118, 37:119, 37:120, 37:122 Hikmah nabi Harun as.: 7:150, 20:94
18. Nabi Daud as. Keutamaan nabi Daud as.: 21:79, 27:15, 34:10, 38:17, 38:18, 38:19, 38:20, 38:21, 38:24, 38:25, 38:26 Kenabian nabi Daud as.: 2:251, 6:84 Nabi Daud as. mengasuh anaknya dengan baik: 21:78, 21:79 Penyebutan kitab Zabur: 3:184, 4:163, 16:44, 17:55, 21:105 Kitab Zabur diturunkan kepada nabi Daud as.: 4:163, 17:55 Nabi Daud as. sebagai panutan orang bertaqwa: 38:17 Sengketa nabi Daud as. dalam Al Quran: 38:21, 38:22, 38:23, 38:24 Nabi Daud as. diuji: 38:24 Kekuatan perang nabi Daud as.: 2:251 Nabi Daud as. makan dari hasil keringat sendiri: 21:80, 34:13 Hikmah nabi Daud as.: 2:251, 38:20 Kerajaan nabi Daud as.: 2:251, 21:79, 34:10, 38:26
19. Nabi Sulaiman as. Keutamaan nabi Sulaiman as.: 6:84, 27:15, 27:16, 27:17, 27:18, 27:19, 27:21, 27:36, 38:30, 38:39, 38:40 Kerajaan nabi Sulaiman as. yang besar: 21:81, 21:82, 27:16, 27:17, 27:18, 27:20, 27:21, 27:22, 27:23, 27:36, 27:37, 27:38, 27:39, 27:44, 34:12, 34:13, 38:31, 38:35, 38:36, 38:37, 38:38 Nabi Sulaiman as. berdakwah: 4:163, 27:25, 27:31, 27:44 Nabi Sulaiman as. menghakimi: 21:78, 21:79 Fitnah nabi Sulaiman as.: 38:32, 38:33, 38:34 Kisah nabi Sulaiman as. dengan Ratu Balqis: 27:28, 27:29, 27:30, 27:31, 27:34, 27:35, 27:36, 27:37, 27:38, 27:39, 27:40, 27:41, 27:42, 27:43, 27:44 Keterangan tentang kerajaan Saba': 27:23, 34:15, 34:18 Nabi Sulaiman as. wafat: 34:14
20. Nabi Ilyas as. Keutamaan nabi Ilyas as.: 6:85, 37:129, 37:130, 37:131, 37:132 Kenabian nabi Ilyas as.: 6:85, 37:123 Dakwah nabi Ilyas as.: 37:124, 37:125, 37:126 Pendustaan kaum nabi Ilyas as.: 37:127
21. Nabi Ilyasa' as.: 6:86, 38:48
22. Nabi Yunus as. Keutamaan nabi Yunus as.: 6:86, 21:88, 37:139, 37:143, 37:146, 68:49, 68:50 Dakwah nabi Yunus as.: 4:163, 37:147, 37:148 Yunus as. dan ikan besar: 21:87, 37:140, 37:141, 37:142, 37:144, 37:145, 68:48, 68:49 Keimanan kaum nabi Yunus as.: 10:98, 37:148
23. Nabi Zakaria as. Keutamaan Nabi Zakaria as.: 6:85, 19:7, 21:90 Rahmat Allah atas Zakaria as.: 19:2, 19:7, 19:8 Nabi Zakaria as. memelihara Maryam (ibu nabi Isa as.): 3:37 Kisah nabi Zakaria as. dalam Al Quran Nabi Zakaria as. memohon keturunan: 3:38, 19:3, 19:4, 19:5, 19:6, 21:89 Permohonan nabi Zakaria as. dikabulkan: 3:39, 19:7, 19:8, 19:9, 21:90 Nabi Zakaria as. menghindari percakapan: 3:41, 19:10, 19:11
24. Nabi Yahya as. Keutamaan nabi Yahya as.: 6:85, 19:7, 19:12, 19:13, 19:14, 19:15 Kenabian nabi Yahya as.: 3:39, 6:85, 19:12 Beberapa keistimewaan nabi Yahya as.: 3:39, 19:13, 19:14
25. Nabi Isa as. Keutamaan Maryam binti Imran: 3:37, 3:42, 3:43, 3:45, 5:75, 23:50, 66:12 Kesucian dan kehormatan Maryam: 3:47, 4:156, 19:20, 21:91, 66:12 keutamaan nabi Isa as.: 2:136, 3:45, 3:48, 4:163, 4:172, 6:85, 19:19, 19:21, 19:30, 19:31, 19:32, 19:33, 19:34, 23:50, 43:59, 43:63, 57:27 Kisah kandungan dan kelahiran nabi Isa as.: 3:45, 3:47, 3:59, 21:91, 66:12 Nabi Isa as. Kalimat Allah dan RahmatNya: 3:45, 4:171, 21:91 Nabi Isa as. berbicara ketika masih bayi: 3:46, 5:110, 19:29, 19:30, 19:31, 19:32, 19:33 Nabi Isa as. dibantu oleh Ruh al quds: 2:87, 2:253, 5:110 Kemunculan nabi Isa as. dan mukjizatnya: 3:46, 3:48, 3:49, 5:110 Sifat dan tabi'at nabi Isa as.: 3:45, 3:46 Nabi Isa as. diutus kepada Bani Israel: 3:49, 3:50, 5:46, 5:78, 5:110, 43:63, 43:64, 61:6, 61:14 Pengikut-pengikut nabi Isa as. meminta hidangan: 5:112, 5:113 Rencana pembunuhan Isa as. oleh Yahudi: 4:157 Nabi Isa as. diangkat ke langit: 3:55, 4:158 Nabi Isa as. akan turun di akhir zaman: 4:159 Nabi Isa as. dianggap tuhan oleh kaumnya: 5:17, 5:72, 5:77, 5:116, 9:31, 43:58, 43:65 Nabi Isa as. suci dari perbuatan kaumnya: 5:72, 5:75, 5:116, 5:117, 43:59 Anjuran tidak mengikuti orang-orang Kristen: 1:7, 2:120, 2:145, 3:105, 5:51, 57:16, 58:9 Kebencian orang Nasrani terhadap Yahudi: 2:113, 2:145, 5:14 Kitab Injil diturunkan kepada nabi Isa as.: 2:87, 2:253, 3:3, 5:46 Peyebutan kitab Injil: 3:3, 3:48, 3:65, 5:47, 5:66, 5:68, 5:110, 7:157, 9:111, 48:29, 57:27
6. Orang-orang shaleh yang diragukan kenabiaannya
Luqman dan Keutamaan Luqman: 31:12 Nasihat Luqman kepada anaknya: 31:13, 16, 17, 18, 19 Zulqarnain: 18:83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98 Khidir: 18:65, 66, 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74, 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81, 82
7. Beberapa kejadian pada umat-umat terdahulu
Ashabul-Ukhdud: 85:4,5, 6, 7, 8, 9; Ashabul-Kahfi: 18:9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 25, 26; Tiga orang yang berbicara pada masa bayi: 3:46, 5:110 ; Kisah 'Uzair: 2:259 Kisah pemilik kebun: 68:17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30, 31 ; Kisah pasukan bergajah: 68:32, 105:2, 3, 4, 5 Kisah pemilik dua kebun: 18:32, 33, 34, , 36, 37, 38, 39, 40,41, 42, 43 Kisah Zulqarnain: 18:83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98 Kisah Ashabul Kahfi: 18:9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 25, 26 Kisah Ashabul Ukhdud: 85:4, :5, 6, 7, 8, 9, 10 Kisah Ashabul Qaryah: 36:13, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, :26, 27, 28, 29 Kisah tamu Ibrahim as.: 15:51, 57, 24, 25, 26, 27 Qarun Kehinaan Qarun: 28:76, 78, 29:39 Harta kekayaaan Qarun: 28:76, 78, 79 Qarun ditenggelamkan ke dalam perut bumi: :81, 82, 40
8. Hikmah dari kisah umat-umat terdahulu: 2:66, 252, 258, 3:11, 112, 137, 140, 146, 5:27, 102, 6:6, 10, 11, 34, 42, 148, 7:4, 5, 64, 72, 78, 79, 84, 86, 92, 93, 94, 95, 100, 101, 103, 175, 176, 177, 8:52, 54, 9:69, 70, 10:13, 39, 73, 92, 102, 11:49, 89, 100, 101, 102, 103, 120, 12:7, 109, 111, 13:6, 30, 14:5, 9, 45, 15:4, 13, 75, 76, 77, 79, 90, 16:26, 33, 36, 63, 17:17, 77, 18:55, 59, 19:74, 98, 20:99, 128, 21:11, 44, 45, 46, 48, 23:30, 31, 42, 44, 24:34, 25:36, 37, 38, 39, 40, 26:69, 103, 105, 121, 123, 139, 158, 160, 171, 172, 173, 174, 176, 189, 190, 209, 27:14, 45, 51, 52, 58,:69, , 28:40, 43, 51, 58, 78, 81, 29:14, 15, 18, 20, 24, 28, 34, 29:35, 36, 37, 38, 40, 30:9, 42, 47, 32:26, 33:69, (34:19, 45), 35:26, 43, 44, 36:13, 31, 37:73, 137, 138), (38:3, 12, 13, 49,) (39:25, 26, 50,) (40:5, 21, 30, 31, 82,) 41:13, (43:8, 25, 56), 44:37,( 46:27, 10, 13),( 50:12, 13, 14, 36, 37,) 51:37, (53:50, 51, 52, 53, 54, 4, 5, 15, 32, 43, 51,) 57:16, 58:5, 59:15, 60:4, 6, 61:14, 64:5,( 65:8, 9, 10,) 67:18, 69:12, ( 77:16, 17, 18) ,( 79: 26, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12 ).
9.
Referensi :

• Qur'an Ustmani.
• Ibrahim Musthafa dkk, Mu'jamu Al Washith juz.II.
• Ibnu Taimiyyah Majmu' Fatawwa, Juz. 17 dan 15.
• Penyebab gagalnya dakwah , DR. Sayyib M. Nuh II.
• Dr. Fahad bin Abdurrahman bin Sulaiman Ar Rummy, "Manhaj Mudarrisah Al 'Aqliyyah Al Hadistah Fi Tafsir cet. Ke 4 th. 1414 H juz. I".
• Tafsir Fi Dilali qur'an : I, Sayyid Qutub. Al Qashash Al Qur'ani, 'ummar Zuhair Hafisz,
• dia menukil dari manhaj Tarbiyah Al Islamiyah milik Muh. Qutub I/ 193, cet. V. Bairut darul asy syuruq.
• psikologi dakwah, DR. Ahmad Mubarak MA,cet.I pustaka firdaus. 1999.
• M Hasbi Ash Shidqi "Ilmu – ilmu Al Qur'an " cet.ke 3 PT. Bulan bintang, 1988.jakarta.
• "thuruq tadris mawad Al 'Ulum Asy Syar'iyyah Fi Marhalah Al Ibtidaiyyah." Zainu Muhammad Syahatah dan Abdullah bin Muhammad Al Jughaiman cet.I 1998/ 1419 H.


الحمد لله رب العالمين

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

(PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR) 2 x 2 : 2 + 2 - 2 = ...

Followers


Recent Comments